Popular Posts

Wednesday, October 6, 2010

Masjid-masjid di Singapura(1)

Mengenai perjalanan islam di Singapura mungkin terlalu panjang untuk dibahas, hanya mengenai masjid-masjid saja yang akan diulas disini. Sebagai tonggak bahwa disini masih tegak islam  berdiri . Negara kecil tetangga Indonesia yang kaya raya, sehingga para artis atau kita-kita pengin rasanya jalan-jalan menikmati keriuhannya Singapura. Namun akan lebih baik jika kita selain bertamasya ria kita tetep bisa juga berwisata religi.
Kali ini akan dimulai dari masjid Angulia.
Masjid Angulia ini terletak di daerah yang dikenal dengan Little India, agak dijantung kawasan kota. Masjid ini juga berdekatan dengan Mustafa Center, sebuah mall yang serba lengkap yang dimiliki pengusaha muslim dari India.
Dari segi bangunannya masjid ini hanya sederhana saja, terkesan klasik dan antik, dengan warna kuning gading di sebagian luarnya. Bangunannya seperti bercorak India, karena menurut sejarahnya, masjid ini dibangun oleh muslim keturunan India (Tamil) Ahmad bin Mohamed Salleh Angullia.
Di masjid ini akan banyak ditemui masyarakat muslim dari keturunan dan juga pelancong dari daerah India, Pakistan dan sekitarnya itu. Masjid terdiri dari dua lantai lantai dasar untuk jamaah pria, sedangkan untuk muslimah disediakan ruang shalatnya di lanti dua. Masjid ini hanya berukuran kecil yang diperkirakan hanya memuat tak lebih dari 500 jamaah.
Nah biarpun kecil, kalo saat jalan-jalan ke Singapura, dan kebetulan berada di sekitar Little India jangan lupa mampir kesana, sekalian untuk shalat tentunya bagi anda yang muslim.

No comments:

Post a Comment