Sunday, November 7, 2010

Tips Aman Bermasyarakat Melalui Jejaring Sosial

Saat ini dunia internet semakin merajalela dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih lagi dengan semakin gampangnya internet diakses dengan berbagai media. Dari komputer meja, komputer jinjing (notebook dan netbook), komputer tablet dan bahkan handphone yang minimal mempunyai sistem java.
Tak pelak ini juga membawa perubahan besar dalam kehidupan kita dalam bermasyarakat. Sebagai contoh, jika dahulu handphone yang hanya bisa untuk ber-sms, maka saat ini semakin dijejali dengan aplikasi jejaring sosial. Bahkan handphone murah produk china yang dibuat merek dalam negeri, sebagian besar saat ini telah djejali dengan aplikasi terebut.
Dalam hal ini pengguna handphone yang terutama kawula muda saat ini telah mulai beralih dalam hal bagaimana mereka menggunakan handphone itu. Sebagian besar dari mereka telah beralih dengan menggunakan handphone sebagai sarana mengakses internet, jadi tidak terbatas hanya sebagai media berkomunikasi suara maupun pesan teks dan pesan multimedia.
Dalam hal mengakses jejaring sosial maka saat ini masyarakat di Indonesia semakin kecanduan, dari yang muda sampai yang sudah berumur, dari yang mengakses Facebook, Twitter dan berbagai jejaring sosial lainnya yang semakin merebak.
Dan tidak semua orang memanfaatkan media sosial itu dengan sebaik-baiknya, bahkan ada yang kecanduan berceloteh-ria dan berlebihan. Sebagai contoh adalah terlalu seringnya menyampaikan sesuatu ke dalam ruang bicara di media tersebut, dari sumpah serapah, menghina orang lain, menyinggung orang lain, marah kepada orang lain dan lain sebagainya.
Apakah semua hal itu dibenarkan dalam cara kita bermasyarakat? Walau semua tentu tergantung individu masing-masing, akan tetapi dari nilai positif bermasyarakat itu adalah salah
Untuk bisa kita menggunakan media jejaring sosila dengan lebih bermanfaat dan baik kiranya berikut cara-cara aman untuk bisa kita terapkan :
  1. Jangan asal menuliskan pikiran kita dalam jejaring sosial, orang akan mudah menilai siapa kita, seperti apa kita, dan apa yang ada dalam hati kita. walaupun tak seluruhnya.
  2. Jangan mencaci-maki, menghina  dan menyinggung perasaan orang lain, maka semua teman kita dan orang lain itu akan tahu, itu lebih memalukan bukan? Apalagi itu bos anda, lebih berbahaya bukan?
  3. Jangan mengeluarkan komentar, mengunggah media yang berbau SARA, karena itu akan juga mencemari halaman jejaring sosial milik teman anda. Padahal teman anda tidak menginginkannya.
  4. Jika menerima tawaran pertemanan dari orang lain, pastikan kita telah tahu orang tersebut, teman sendiri, dari kawan atau temannya teman? Biar kita lebih aman.
  5. Pastikan memposting sesuatu yang positif saja, biar teman anda juga berimbas positif.
  6. Jangan terlalu sering berkometar, atau sepertinya anda memang cerewet dan narsis, biar tidak memenuhi halaman jejaring sosial anda dan teman anda dengan komentar tak berguna.
  7. Jangan sering menjelajah jejaring sosial anda karena akan menyita banyak waktu anda, karena waktu anda lebih berharga apabila digunakan untuk hal positif lainnya.
  8. Gunakan jejaring sosial hanya sebagai media silaturahim yang positif, sebagai sumber penyemangat, sumber nasihat, dan sumber ilmu yang bermanfaat.
  9. Jika menerima tawaran tentang sesuatu pastikan anda menyakini itu benar dan akurat. Agar anda tidak tertipu oleh orang jahat yang memanfaatkan jejaring sosial untuk niat jahatnya.
  10. Silahkn cek postingan anda yang lama, silahkan sering-sering anda hapus. untuk memperingan beban kerja server yang empunya jejaring sosial tersebut, kita telah menghemat tempat diduia maya, menghemat bandwith, menghemat waktu kerja komputer, dan menghemat daya listrik dari server, komputer kita dan masih banyak lagi, maka kita juga telah berusaha menyelamatkan bumi kita.
Dengan anda berhati-hati dalam berjejaring sosial di dunia maya berarti anda telah bijak memanfaatkan apa yang sebenarnya bermanfaat  bagi anda dan masyarakat. Selamat ber-facebook, ber-twitter dan jejaring sosial lainnya dengan aman...

No comments:

Post a Comment